Kamis, 21 Agustus 2014

Kepribadian PERTAMA #1 Orang Sukses itu Punya Tujuan

" Sukses adalah perjalanan tanpa henti menuju pencapaian tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya."
( Tom Hopkins )

A. Mengapa Harus Punya Tujuan ?

Tujuan dalam hal ini adalah segala apa yang menjadi keinginan dan impian seseorang yang sudah direncanakan untuk dicapai berdasarkan pola dan rencana - rencana tertentu dengan suatu proses tertentu pula. Tanpa tujuan, orang tidak akan mampu mencapai kebahagiaan, dan tanpa kebahagiaan hidup manusia akan seperti mayat hidup.

Mulailah untuk merencanakan dan memerhatikan tujuan-tujuan Anda, sebab itu merupakan " keterampilan utama " dari kesuksesan.

Bila kesuksesan sebenarnya kita sendiri yang harus mengusahakannya, maka kita harus bisa MERENCANAKAN bentuk kesuksesan itu sesuai " citarasa " diri kita sendiri.
Kita bebas menentukan arah kesuksesan kita. Dan untuk menuju kesuksesan, titik tolaknya adalah menentukan tujuan.

Bandingkan antara orang yang bekerja dengan perencanaan yang matang disertai tujuan yang realistis dengan orang yang asal bekerja saja tanpa memperhitungkan pemantapan tujuan yang ingin diraih. Orang yang asal bekerja saja, pasti akan bekerja tidak efektif dan efisien serta cenderung gagal. Bila sudah begitu, akan cenderung malas dan putus asa. Merasa gagal dan gagal terus karena yang dicari adalah hasil dan angan-angan, bukannya fokus dengan menetapkan tujuan.
Jadilah PEKERJA dan bukan hanya pemimpi.




B. Mengapa Kita Takut Menetapkan Tujuan ?


Menetapkan tujuan adalah persoalan gampang, Kita cuma menulis atau menetapkan tujuan hidup kita sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dan kemudian berusaha untuk mewujudkannya dengan segala usaha terus menerus sampai tujuan itu tercapai.

Kesuksesan tidak diukur oleh besar kecilnya hasil, tapi kesuksesan adalah seberapa banyak dan sering kita mewujudkan tujuan - tujuan hidup kita.


Pertamapenulisan tujuan itu sederhana. Jadi kita harus serius terhadap segala hal meskipun itu sepele / kecil. Serius dalam arti kita selalu teliti dan saksama dalam melihat segala peluang dan kesempatan. Brian Tracy menegaskan " Jika Anda tidak serius dan total dalam menentukan tujuan - tujuan Anda, maka tidak akan ada yang bisa Anda peroleh di dunia ini!"


Keduamemahami pentingnya tujuan. Pendidikan dalam penetapan tujuan itu sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini.Bahkan kita pun juga harus melatih diri berdisiplin untuk melakukannya.

Kita harus merubah pola hidup kita sekarang dan detik ini juga !

Ketigaharus tahu bagaimana mengerjakannya. Satu tragedi paling besar dalam sistem pendidikan adalah pada saat kita mengenyam pendidikan selama 15 sampai 18 tahun, tidak pernah sekalipun kita menerima pengajaran untuk menetapkan tujuan. Padahal tujuannya penting dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.


Coba saja jika anak - anak sudah tahu pentingnya penetapan tujuan, maka mereka pasti akan rajin masuk sekolah , rajin belajar, dan giat melakukan tugas - tugas untuk pengembangan diri. Karena mereka akan tahu bahwa sekolah bukan hanya keinginan tapi suatu kebutuhan yang akan sangat berguna nantinya.


Keempat, jangan takut akan penolakan. Hal ini karena adanya kritikan yang kemudian benar-benar terjadi. Akibatnya, tidak mau mengambil resiko untuk melangkah karena takut akan ditolak dan diabaikan oleh orang lain.


Karena itu, kita harus mampu dan berani untuk menetapkan tujuan hidup kita yang bermanfaat. Kita tidak perlu memerhatikan apa yang dikatakan orang lain tentang tujuan hidup kita. Bercita-citalah setinggi langit dan gapailah bintang-bintang meski orang lain disekitar kita mengkritik bahkan meremehkan kita.

Kita harus tegar dan tetap bersemangat untuk melangkah, meski banyak halangan rintangan.

Tapi ingat ! Tujuan yang kita rencanakan harus REALISTIS dan sesuai dengan kemampuan kita.

Dan puncak kemampuan kita itulah yang menjadi " langit kesuksesan kita "

C. Bagaimana Bentuk Tujuan yang Ideal ?

Perlu diketahui bahwa tujuan itu bukanlah keinginan dalam bentuk sesuatu yang konkret. MIsalnya, tujuan hidup Anda adalah ingin rumah yang mewah, mobil yang mahal, atau segala yang wah. Itu semua bukanlah tujuan hidup yang harus Anda kejar.

Menurut Charles Vance, segala hal yang konkret itu bukanlah tujuan sejati, namun lebih sekedar motivasi bagi kita untuk mencapai tujuan sejati.

Dengan kata lain, segala yang konkret itu harus dijadikan tujuan antara/ terminal kesuksesan dan bukan sebagai tujuan akhir.

Jadi, penentapan tujuan yang ideal itu harus menggabungkan antara ambisi dengan cita -cita luhur. ( F. Addington Symonds )


D. Bagaimana Memilih Sebuah Tujuan ?



Memilih tujuan yang benar - benar tepat dan sesuai dengan keinginan kita itu gampang - gampang susah. Kembali lagi pada sifat manusia itu sendiri yang tidak pernah mau puas dengan satu hal.

Hidup tanpa tujuan yang diprioritaskan akan menyebabkan Anda melupakan banyak hal yang seharusnya Anda kerjakan. Karena itu, kita harus bisa mengatur dan memilih mana tujuan yang paling sesuai dengan keinginan dan hati nurani kita dan itu yang kemudian menjadi prioritas kita.

E. Bagaimana Cara Meraih Tujuan - Tujuan ?



Setelah menetapkan tujuan, maka yang paling penting adalah bagaimana beraksi mewujudkan segala tujuan itu.

Tujuan tanpa realisasi sama saja dengan bohong ; tujuan tanpa aktualisasi sama saja dengan khayalan ; dan tujuan tanpa aksi sama saja dengan impian yang hanya berkutat pada mimpi !
Beberapa cara yang patut diperhatikan :


*Jadilah orang yang realistis

Saat ini banyak orang yang menetapkan tujuan tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dirinya. Ayo, kita harus realistis !
Ambil waktu dan tetapkan satu tujuan atau beberapa tujuan yang realistis. Ini akan membuat tujuan - tujuan Anda tercapai. Buatlah tujuan yang realistis sesuai dengan kapasitas Anda, karena kesuksesan itu sekali lagi tidak dihitung dari seberapa "besar" hasil yang kita raih, tapi seberapa "banyak" hasil dari tujuan - tujuan kita yang bisa kita wujudkan.

*Ingat - ingatlah segala tujuan Anda

Dengan segala gerak napas, Anda harus mengingat - ingat segala tujuan yang telah Anda buat dengan realistis. Karena ada kalanya kita terjebak oleh permainan dunia yang menghanyutkan ; kita terpengaruh oleh gerak dunia yang membuat silau dan melupakan segala tujuan hidup kita ; kita juga sering terbujuk rayu oleh manisnya kehidupan dunia yang belum tentu manis untuk kita sendiri. Jadi , selalu ingat tujuan - tujuan Anda, karena dengan demikian Anda akan selalu berada dalam jalur kesuksesan. Anda akan begitu efektif dan efisien bisa meraih segala tujuan Anda tanpa harus dibelok - belokkan atau dikuasai oleh kekuatan lain yang hanya akan menguras energi dan waktu Anda. Dengan mengingatnya, maka tujuan - tujuan beserta hasil - hasilnya akan tetap melekat erat dalam pikiran Anda, sehingga Anda pun akan terdorong untuk betindak !

*Visualisasikan tujuan - tujuan Anda

Letakkan tujuan - tujuan Anda secara mendalam dalam pikiran Anda dengan memvisualisasikan secara berkala. Yang paling penting dari proses visualisasi tujuan ini adalah selalu terciptanya motivasi untuk menggerakkan segala potensi diri menuju pencapaian yang telah ditetapkan. Bergerak sesuai arah hidup yang benar, karena kita adalah manusia sejati bukan mayat hidup yang tidak punya tujuan apa pun !

*Tetapkan kerangka waktu

Jangan biarkan tujuan Anda  berhenti pada kalimat, " Saya ingin membeli sepeda motor," tapi tambahkan dengan kalimat, " Saya ingin membeli sepeda motor dalam enam bulan." Dengan kerangka waktu, tujuan Anda akan menjadi tampak sebagai prioritas bagi Anda. Dengan kerangka waktu pula Anda akan bekerja " menuju " daripada bekerja "pada".
Cobalah untuk memberi kerangka waktu pada tujuan - tujuan Anda dalam jangka waktu panjang, menengah, dan pendek. Dengan demikian, Anda akan selalu tertantang untuk selalu fokus dengan jangka waktu pemenuhan tujuan - tujuan itu. Satu hal yang harus Anda camkan baik - baik, Anda harus realistis dalam menetapkan waktu tersebut. Coba ukur tingkat kemampuan dan potensi diri Anda dalam memenuhi segala tujuan tersebut dalam suatu bentuk jangka waktu. Jika kemampuan dan potensi Anda sangat besar, cobalah menentukan jangka waktu yang sesuai dan seimbang dengan kemampuan Anda , sehingga tujuan Anda akan cepat terealisasikan.


*Gunakan waktu & uang untuk tujuan-tujuan Anda


Setiap usaha pasti membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sehingga segala usaha akan berjalan dengan mulus dan berhasil. Jika tujuan Anda ingin pintar, maka Anda harus mengorbankan waktu untuk membaca, merelakan waktu senang - senang Anda untuk belajar dan rajin mencatat, merelakan uang untuk membeli buku - buku sebagai acuan menjadi pintar. Intinya, Anda harus rela berkorban dan merelakan apa saja yang Anda punyai.

Impian yang besar memiliki harga yang besar, bahkan impian yang kecil pun harus dicapai dengan harga yang besar.

*Bergaullah bersama orang yang dapat menggerakkan Anda pada tujuan - tujuan Anda


Menurut Dr. Peterson, bergaul dengan orang pesimis akan melemahkan Anda, sedangkan bergaul dengan orang yang optimis akan memberi ilham pada Anda. Itu berarti, kalau Anda ingin maju dan meraih segala tujuan, maka Anda harus bergaul dengan orang yang tepat dan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Anda.


Jangan pernah sekali - kali meremehkan kekuatan orang yang ada disekitar Anda, bisa jadi mereka akan menghancurkan atau malah mengangkat Anda. Karena itu, Anda harus mampu memilih dan memilah mana orang yang mampu menggerakkan Anda menuju pencapaian segala tujuan Anda dan mana yang akan menghancurkan segala impian dan tujuan Anda.


*Bertindaklah setiap hari untuk mencapai setiap tujuan


Pada dasarnya, prinsip sukses yang paling mendasar adalah TINDAKAN. Karena itu janganlah ragu untuk bertindak sesuai kata hati dan tujuan hidup Anda. Yang paling penting disini adalah SIKAP KONSISTEN yang harus Anda pertunjukkan setiap hari, setiap langkah dan setiap denyutan jantung Anda.

Ingatlah, meskipun tindakan yang Anda tempuh itu hanya sebuah langkah kecil,namun jika itu dilakukan secara konsisten akan membawa Anda lebih dekat pada setiap tujuan dan kesuksesan.
Meski sedikit, setahap demi setahap, langkah Anda akan sampai pada tujuan !

*Jangan pernah putus asa


Dalam dunia kesuksesan tidak ada istilah putus asa, yang ada hanyalah istilah tekun dan tekun . Putus asa hanya mengarahkan kita pada kegagalan dan kekecewaan, sedangkan ketekunan akan membawa kepada kesuksesan dan kebahagiaan.

Tidak ada yang namanya kesuksesan itu gampang diraih , seperti membalikkan telapak tangan.
Kalau ingin sukses harus tekun dalam keadaan apa pun. Harus tekun tanpa batas.

Lihat dan sadari, didepan sana akan banyak rintangan dan segala jenis penghalang yang akan Anda temui dan kemudian akan Anda atasi jika Anda ingin mecapai tujuan. Kegagalan adalah hal biasa, dan mungkin beberapa tujuan Anda tidak berhasil diwujudkan, tapi Anda harus bisa mengatasi hal itu! Hadapilah dan jangan menyerah ! Tujuan itu bisa dan AKAN menjadi milik Anda !


Ingat apa yang dikatakan oleh Mark Twain : " 20 tahun dari sekarang, Anda akan lebih merasa kecewa karena hal - hal yang tidak Anda lakukan daripada hal -hal yang telah Anda lakukan. Maka buanglah jalur pelayaran Anda. Berlayarlah dari pelabuhan yang aman. Halaulah angin pasat selama Anda berlayar. Berpetualanglah. Bermimpilah. Dan raih segala tujuan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar